komunitas wisatahati
Ditulis pada 22 Mei 2012 - 11:35:12


A. PENDAHULUAN


Alhamdulillah, setelah beberapa rangkaian kegiatan Milad  Rumah Tahfidz Ababil yang ke 1 diantaranya :



  1. Tabligh Akbar dalam rangka Peresmian Rumah Trahfidz Ababil yang dilaksanakan tanggal 16 April 2012 di Bebek Goreng H. Slamet.
  2. Tabligh Akbar “ Keajaiban dan Ni’matnya Sedekah” yang dilaksanakan tanggal 24 April 2012 di Masjid Agung An Nur.
  3. Tasmi’ dan Haflah Hafalan Santri yang dilaksanakan 27 – 29 April 2012

 


Terlihat adanya minat perhatian dari masyarakat umum, khususnya kota pekanbaru terhadap program Rumah Tahfidz  Ababil. Ini dapat di buktikan dengan adanya niat dari masyarakat umum  untuk membuka unit rumah tahfidz yang baru di beberapa tempat, diantaranya :



  1. Jalan Cempedak
  2. Jalan Sembilang (Paus)
  3. Pandau
  4. SMK Ika Sari Panam
  5. Dll

 


Maka hal pertama yang menjadi perhatian adalah :



  1. Tenaga pengajar, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, apakah dengan tenaga pengajar yang ada sudah dapat untuk menjadi ujung tombak kemajuan rumah tahfidz ke depan.
  2. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah apakah tempat-tempat tersebut dapat sejalan dengan Mou yang telah ditetapkan oleh Manajemen Rumah Tahfidz Ababil.

 


Dengan demikian target kedepan  bukan hanya peningkatan santri sebesar 10 %  pada setiap unit rumah tahfidz setiap bulannya tapi lebih dari itu, yaitu  mewujudkan 100 Rumah Tahfidz di  Provinsi Riau. Dan InsyaAllah tujuan untuk dapat menghidupkan hafalan Al Qur’an di rumah-rumah kaum muslimin akan menjadi kenyataan, amin.


B. DATA SANTRI



Berikut adalah data santri periode April 2012 pada Rumah Tahfidz Ababil.



Periode ini  Klasifikasi umur santri terjadi peningkatan jumlah pada setiap rangenya. Namun bila di urutkan berdasarkan porsentase kenaikan maka jumlah kenaikan terbesar ada pada range umur 19 sampai 25 tahun sebesar 50 %, di atas 25 tahun  43 %, 16 sampai 18 tahun 10 %, santri pada range umur 7 sampai 12 tahun meningkat sebesar 9 %. Selanjutnya pada range umur di bawah tujuh tahun  8 %, umur 13 sampai 15 tahun 7 %. Sedangkan bila  dilihat dari jumlah santri maka urutan nya adalah santri terbanyak berumur 7 sampai 12 tahun, lalu berumur di atas 25 tahun, selanjutnya di bawah 7 tahun, sementara jumlah santri yang sama ada pada range 13 sampai 15 tahun dan 19 sampai 25, dan yang paling rendah jumlahnya adalah pada range umur 16 sampai 18 tahun.


C. PENDIDIKAN SANTRI



Tingkat Pendidikan santri di Rumah Tahfidz Ababil dapat kita lihat melalui grafik dan tabel data periode April 2012 berikut ini :



Klasifikasi Pendidikan Santri terbanyak masih di Sekolah Dasar  yang  bertambah jumlahnya dari periode sebelumnya ( sebanyak 14 orang) dan selisih nya terpaut sangat jauh dari jenjang pendidikan santri yang lainnya, selain itu yang mengalami  kenaikan jumlah santri berdasarkan pendidikan ada pada kategori umum ( terbanyak), pra SD, S I, dan SLTA. Sedangkan santri berpendidikan SLTP terjadi penurunan sebanyak 2 orang, untuk D I, D II, dan D III masih tetap dengan jumlah yang sama dengan sebelumnya.


 


D. PRESTASI



Alhamdulillah pada setiap periode, prestasi santri selalu terjadi kenaikan hampir pada setiap kategori. Walaupun kenaikannya masih sangat kecil.


1. Berdasarkan  Hafalan


Klasifikasi ini akan menggambarkan prestasi santri berdasarkan hafalan surat-surat pilihan dan juz 30.



Kenaikan prestasi pada Hafalan 4 surat pilihan terjadi pada hafalan surat Arrahman yaitu 6 orang, Al Mulk 1 orang, dan Yaasin 1 orang, sedangkan surat Al Waqiah terjadi penurunan sebanyak 2 orang dan keadaan ini belum dapat di jelaskan apa penyebabnya.


Silahkan isi form dibawah ini untuk mengirim komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :