Berita Terbaru
Support Online
Administrator
komunitas wisatahati
Ditulis pada 22 November 2012 - 09:22:48
PANDAI DALAM BERGAUL - WisataHati Semarang


Rasulullah bersabda :


» لاَ يَفْرُكُ مُؤْمِنٌ مُؤْمِنَةً إِنْ كَرِهَ مِنْهَا خُلُقاً رَضِيَ مِنْهَا خُلُقا آخَرَ «           [رواه مسلم]


“Hendaklah seorang mu’min laki-laki (suami) tidak mencela mu’min wanita (istri), jika dia membenci salah satu prilakunya, masih ada prilaku lainnya yang dia ridhoi”             (Riwayat Muslim)


Dalam hadits ini terdapat dua pelajaran yang sangat bermanfaat :


Pelajaran pertama adalah: Petunjuk bagaimana bergaul dengan istri, sanak saudara,  kawan, karib dan lingkungan pergaulan serta semua orang yang antara anda dan dia memiliki hubungan dan komunikasi. Anda harus menyadari bahwa pada diri tiap-tiap orang pasti terdapat cela, kekurangan dan sesuatu yang tidak disenangi. Maka jika hal tersebut anda dapatkan, bandingkanlah antara hal itu dengan adanya faktor-faktor yang mendukung anda untuk tetap menjaga komunikasi dan saling mencintai, yaitu dengan mengingat kebaikan-kebaikan dan niat-niat kebaikannya, baik yang bersifat khusus maupun umum. Dengan melupakan keburukannya dan mengingat kebaikannya, maka persahabatan dan komunikasi akan tetap terjaga dan ketenanganpun akan tercipta.


Pelajaran kedua adalah : Hilangnya perasaan gundah dan resah, tetapnya kesucian hati serta kontinyuitas dalam menunaikan hak-hak orang lain, baik yang wajib maupun yang sunnah serta terciptanya keharmonisan diantara kedua belah pihak. Siapa yang tidak dapat mengambil pelajaran atas apa yang telah disabdakan Rasulullah j bahkan melakukan sebaliknya dengan selalu melihat keburukan seorang serta melupakan kebaikan-kebaikannya, niscaya dia akan gelisah, hubungan antara dirinya dan orang yang dicintainya pasti mengalami kekeruhan dan mengabaikan banyak hak yang harus dijaga kedua belah pihak.


Banyak orang yang memiliki kekuatan mental yang tinggi mampu menahan diri saat menghadapi cobaan dan goncangan dengan kesabaran dan ketenangan. Akan tetapi pada perkara-perkara yang sepele dan ringan mereka sangat gundah dan tidak tenang. Penyebabnya adalah  mereka menjaga diri mereka pada perkara-perkara yang besar dan mengabaikan perkara-perkara sepele sehingga merusak kondisi mereka dan ketenangan mereka . Orang yang bermental kuat adalah mereka yang mampu mengatasi masalah besar maupun kecil seraya memohon pertolongan kepada Allah dan berdoa kepada-Nya agar nasibnya tidak diserahkan kepada dirinya walau sekejap mata,  maka dengan demikian akan mudah baginya perkara-perkara kecil sebagaimana ringan baginya perkara-perkara besar, sehingga jiwanya tenang dan hatinya lapang. 


oleh : Syeikh Abdur Rohman bin Nasir As-Sadi




 

Tidak Ada Komentar

Silahkan isi form dibawah ini untuk mengirim komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :