Menebar Kebaikan
Biarlah Kelelahan itu Lelah Mengejarmu
17 November 2017
Ketika Mengomentari Orang Lain
24 November 2017

Petani yang satu ini langganan juara setiap tahun dalam lomba hasil pertanian terbaik. Seorang peneliti bertanya tentang rahasianya, lalu mendapat jawaban: "Saya selalu berbagi bibit unggul dengan tetangga-tetangga saya". Ditanyakan, "Kenapa Anda mau memberikan bibit unggul kepada mereka padahal mereka itu pesaing Anda?"

Petani ini menjawab: "Tidakkah Anda tahu bahwa angin membawa benih-benih penyerbukan dan menebarnya dari satu ladang ke ladang yang lain? Jika tetanggaku menanam bibit yang buruk pasti akan memengaruhi hasil tanamanku. Karena itu, jika aku ingin mendapatkan hasil panen yang baik maka aku harus memberi tetanggaku bibit yang lebih baik".

Pesan: Orang pertama yang mendapat manfaat dari membahagiakan orang lain adalah mereka yang bermurah hati memberikan kebahagiaan tersebut. "Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)". (ar-Rahman: 60).

Menjadi muslim yang berkwalitas unggul tidak cukup hanya menjadi shalih tetapi juga harus mushlih (membantu orang lain menjadi shalih).

-Ust. Aun Rofiq-

 

s2Member®